ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP RACIKAN DAN NON RACIKAN DI APOTEK SUMBER SEHAT BANJARMASIN

Publikasi Unusia

ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP RACIKAN DAN NON RACIKAN DI APOTEK SUMBER SEHAT BANJARMASIN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP RACIKAN DAN NON RACIKAN DI APOTEK SUMBER SEHAT BANJARMASIN
Penulis: MUHAMMAD AQLI
Abstrak: Waktu tunggu merupakan masalah yang sering mengakibatkan keluhan pasien di beberapa apotek. Di Apotek Sumber Sehat memiliki masalah mengenai waktu pelayanan resep karena pasien kurang sabar menunggu dan masih terdapat keluhan pasien mengenai waktu tunggu. Ini akan mempengaruhi pelayanan di apotek sehingga kepuasan pasien berkurang. Sesuai yang tertuang dalam Permenkes No.73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek yaitu lama waktu pelayanan resep antara 15-30 menit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa lama rata-rata waktu tunggu, persentase waktu tunggu yang memenuhi standar permenkes, dan persentase faktor yang menyebabkan waktu tunggu tidak memenuhi standar Permenkes No. 73 Tahun 2016. Penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pengumpulan data secara prospektif dan analisis secara deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2022 di Apotek Sumber Sehat Banjarmasin. Sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa stopwatch dengan pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan hasil datanya adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan dan non racikan di Apotek Sumber Sehat masih memenuhi standar permenkes 2016 yaitu 15-30 menit, dengan waktu tunggu resep non racikan 10 menit 57 detik dan racikan 22 menit 15 detik. Hasil untuk untuk persentase waktu tunggu resep racikan di Apotek Sumber Sehat yang memenuhi standar 86,37% dan resep non racikan 97,44%.
Deskripsi: Kata Kunci : waktu tunggu, resep racikan, resep non racikan, standar pelayanan kefarmasian. Referensi : Wahyuni, A., Saputera, M. M. A., Ariani, N., Sari, A. K., & Mawaddah, M. 2019. Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Kelayan Dalam. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 4(1), 225-234
URI: https://repo.stikes-isfi.ac.id/xmlui/handle/123456789/79


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya