TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI DEPO OBAT RAWAT JALAN RSUD SULTAN SURIANSYAH KOTA BANJARMASIN

Publikasi Unusia

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI DEPO OBAT RAWAT JALAN RSUD SULTAN SURIANSYAH KOTA BANJARMASIN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI DEPO OBAT RAWAT JALAN RSUD SULTAN SURIANSYAH KOTA BANJARMASIN
Penulis: FACHRUR RIZAL
Abstrak: Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan layanan kefamasian. Pasien yang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak kefarmasian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan tersebut sesuai dengan yang diharapkan pasien atau babkan lebih baik. Kuesioner kepuasan adalah kuesioner untuk mengukur kepuasan pasien rawat jalan terhadap 5 dimensi yaitu kehandalan (reliability). ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) Berwujud (Tangibles), Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Depo Obat Rawat Jalan RSUD Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini merupakan non-ekperimental dengan pendekatan Cross sectional salah satu pendekatan yang dipergunakan untuk melakukan penelitian terhadap beberapa kelompok. Waktu dan tempat dilakukan pada bulan April – Mei 2023 di Depo Obat Rawat Jalan RSUD Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin. Populasi dan sampel yaitu jumla sampel 400 responden populasi pasien yaitu yang menebus obat di Depo Obat Rawat Jalan. Pengelolahan data menggunakan Kuesioner yang input ke dalam Microsoft Excel. Hasil kepuasan dengan 400 sampel pasien rawat jalan. Hasil pelayanan kefarmasian di depo Rawat Jalan Rumah Sakit Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin menunjukan kategori puas dengan didominasi tingkat Puas sebanyak 284 responden (71%) dan sangat puas sebanyak 116 responden (29%). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Depo Obat Rawat Jalan Rsud Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin secara umum (78%) dengan kategori Puas
Deskripsi: Kata Kunci : Kepuasan Pasien, pelayanan Kefarmasian, Depo Rawat Jalan Rumah Sakit Referensi : Churchill, 2010. Dasar-Dasar Riset Pemasaran”, Edisi 4, Jilid I, Alih Bahasa Oleh Andriani, dkk. Penerbit Erlangga:Jakarta Damayanti, 2017.Gambaran Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan DI Depo Bpjs Rsud Ulin Banjarmasin periode bulan juli 2017 .Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Banjarmasin Embrey, M. 2012. Managing Acces to Medicines and Health Technologie(MDS3) 3 rd edition America: Management Science for Health Inc Irene, D.S. 2009. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Nuha Medika:Yogyakarta. Novaryatiin, Susi., dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD dr. Murjani Sampit. Borneo Jurnal of Pharmacy, Volume I Issue May 2018, Page 22-26. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya:Palangkaraya Nita Lutfianasari, 2019. Karya Tulis Ilmiah Tentang Survei Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Darmayu Ponorogo.Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. Ponorogo Parasuraman A., Zeithmal, Valerie A., Berry, Leonard L., 2009. A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research. Journal of Marketing Vol 49. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 35 Tahun 2014. Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Rizky. 2015 Studi deskriptif tentang kualitas pelayanan di rumah sakit Dr.Wahidin Sudiro Husoda kota mojokerto pasca menjadi rumah sakit tibe b.Universitas Airlangga.mojokerto Septini. 2014 .Pengertian Instalasi Farmasi Rumah Sakit Sastroasmoro, S. 2008. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: CV. Sagung Seto. Hal. 313 Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Alfabeta:Bandung. Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta:Bandung. Sugiyono. 2014. Skala Likert Metode Perhitungan, Presentase dan Interval. Alfabeta:Bandung. Wifda, Amaliya. 2011. Skripsi Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi Surakarta Periode Maret-Mei 2011. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta:Surakarta. Churchill, 2010. Dasar-Dasar Riset Pemasaran”, Edisi 4, Jilid I, Alih Bahasa Oleh Andriani, dkk. Penerbit Erlangga:Jakarta Damayanti, 2017.Gambaran Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan DI Depo Bpjs Rsud Ulin Banjarmasin periode bulan juli 2017 .Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Banjarmasin Embrey, M. 2012. Managing Acces to Medicines and Health Technologie(MDS3) 3 rd edition America: Management Science for Health Inc Irene, D.S. 2009. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Nuha Medika:Yogyakarta. Novaryatiin, Susi., dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD dr. Murjani Sampit. Borneo Jurnal of Pharmacy, Volume I Issue May 2018, Page 22-26. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya:Palangkaraya Nita Lutfianasari, 2019. Karya Tulis Ilmiah Tentang Survei Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Darmayu Ponorogo.Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. Ponorogo Parasuraman A., Zeithmal, Valerie A., Berry, Leonard L., 2009. A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research. Journal of Marketing Vol 49. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 35 Tahun 2014. Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Rizky. 2015 Studi deskriptif tentang kualitas pelayanan di rumah sakit Dr.Wahidin Sudiro Husoda kota mojokerto pasca menjadi rumah sakit tibe b.Universitas Airlangga.mojokerto Septini. 2014 .Pengertian Instalasi Farmasi Rumah Sakit Sastroasmoro, S. 2008. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: CV. Sagung Seto. Hal. 313 Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Alfabeta:Bandung. Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta:Bandung. Sugiyono. 2014. Skala Likert Metode Perhitungan, Presentase dan Interval. Alfabeta:Bandung. Wifda, Amaliya. 2011. Skripsi Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi Surakarta Periode Maret-Mei 2011. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta:Surakarta. Churchill, 2010. Dasar-Dasar Riset Pemasaran”, Edisi 4, Jilid I, Alih Bahasa Oleh Andriani, dkk. Penerbit Erlangga:Jakarta Damayanti, 2017.Gambaran Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan DI Depo Bpjs Rsud Ulin Banjarmasin periode bulan juli 2017 .Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Banjarmasin Embrey, M. 2012. Managing Acces to Medicines and Health Technologie(MDS3) 3 rd edition America: Management Science for Health Inc Irene, D.S. 2009. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Nuha Medika:Yogyakarta. Novaryatiin, Susi., dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD dr. Murjani Sampit. Borneo Jurnal of Pharmacy, Volume I Issue May 2018, Page 22-26. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya:Palangkaraya Nita Lutfianasari, 2019. Karya Tulis Ilmiah Tentang Survei Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Darmayu Ponorogo.Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. Ponorogo Parasuraman A., Zeithmal, Valerie A., Berry, Leonard L., 2009. A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research. Journal of Marketing Vol 49. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 35 Tahun 2014. Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Rizky. 2015 Studi deskriptif tentang kualitas pelayanan di rumah sakit Dr.Wahidin Sudiro Husoda kota mojokerto pasca menjadi rumah sakit tibe b.Universitas Airlangga.mojokerto Septini. 2014 .Pengertian Instalasi Farmasi Rumah Sakit Sastroasmoro, S. 2008. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: CV. Sagung Seto. Hal. 313 Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Alfabeta:Bandung. Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta:Bandung. Sugiyono. 2014. Skala Likert Metode Perhitungan, Presentase dan Interval. Alfabeta:Bandung. Wifda, Amaliya. 2011. Skripsi Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi Surakarta Periode Maret-Mei 2011. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta:Surakarta.
URI: https://repo.stikes-isfi.ac.id/xmlui/handle/123456789/119


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya