GAMBARAN PENERAPAN STANDAR PELAYANAN FARMASI KLINIK DI PUSKESMAS KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

Publikasi Unusia

GAMBARAN PENERAPAN STANDAR PELAYANAN FARMASI KLINIK DI PUSKESMAS KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: GAMBARAN PENERAPAN STANDAR PELAYANAN FARMASI KLINIK DI PUSKESMAS KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
Penulis: HARDIANTI SAPUTRI
Abstrak: Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung yang bertanggung jawab kepada pasien dan berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pengaturan standar pelayanan kefarmasian bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian serta melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Penerapan Standar Pelayanan Farmasi Klinik di Puskesmas Kecamatan Banjarmasin Utara berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, khususnya pada pelayanan farmasi klinik dan sarana prasarana, sebab Pelayanan farmasi klinik merupakan hal yang terpenting demi kesehatan pasien dan sarana prasarana yang menunjang kegiatan pelayanan. dengan terlaksananya pelayanan yang baik maka kesehatan pasien akan lebih terjamin. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimenta/observasional. Pengambilan data dilakukan secara prospektif. Data akan ditampilkan secara deskriptif, yaitu untuk menggambarkan pelayanan farmasi klinik di puskesmas Kecamatan Banjarmasin Utara. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada Pelayanan Farmasi Klinik di 5 Puskesmas Wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara adalah 78%, Sarana dan Prasarana kelengkapan yang dimiliki di 5 Puskesmas wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara adalah 74 %. Sedangkan nilai rata-ratanya sebesar 77 % yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan kegiatan Pelayanan Farmasi Klinik pada kriteria persentase menurut Arikunto (2013) telah sesuai standar dengan kategori baik.
Deskripsi: Kata Kunci : Pelayanan Farmasi Klinik, Pelayanan Kefarmasian, Permenkes No 74 Tahun 2016, Puskesmas Referensi : Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta ASHP. 2013. ASHP Guidelines: Minimum Standard for Pharmacies in Hospitals. In Practice Settings: Guidliness, 519-528. America: ASHP Darmawan, D. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2019. In Journal of Chemical Information and Modeling [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2006. Pedoman Pelayanan Informasi Obat di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI. [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2009. Pedoman pemantauan terapi obat. Jakarta : Depkes RI [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2007. Pedoman Konseling. Jakarta : Depkes RI Dewi, I. G. A. K., Phartasutema, I. A. M., & Putri, D. W. B. (2020). Gambaran Dan Kajian Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Denpasar Berdasarkan Permenkes Nomor 74 Tahun 2016 Pelayanan Kefarmasian adalah. Bali International Scientific Forum, 1(1), 48–56 Dianita, P. S., Kusuma, T. M., & Septianingrum, N. M. A. N. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Magelang Berdasarkan Permenkes RI No.74 tahun 2016. University Research Colloquium (URECOL), 74, 125–134. Fauzi, m. 2021. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Klinik Berdasarkan Permenkes No. 74 tahun 2016 di Puskesmas Wiayah Banjarmasin Tengah, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Hailu, B.Y., Berhe, D.F., Gudina, E.K., gidey, K., getachew, M., 2020. Drug Related Problems in Admitted Geriatric Patients: the impact of clinical pharmacist interventions. Kemenkes RI. (2019). Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [Kemenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74. 2016. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas [Kemenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 79. 2014. Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri Di Rumah Sakit Latief, A. 2016. Pelayanan emergensi, rawat intermediet dan rawat intensif anak. Jakarta: IDAI Normansya, A., 2015, Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Banjarmasin Timur, Karya Tulis Ilmiah, Banjarmasin, Akademi Farmasi ISFI. Mashuda, Ali. 2011. Pedoman Cara Pelayanan Kefarmasian yang Baik (CPFB). Jakarta: Departemen Kesehatan Pengemanan, C., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2021). Kesesuaian penerapan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas kota tomohon. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879) Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia Ramadani, A., ET AL 2020. "Ilmu Komunikasi Konseling Obat" Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap Rochman, A. F. 2020. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kota Batu berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim) Rusdianah, N. Hiola, F. 2022. Gambaran Penerapan Pelayanan Farmasi Klinik di Puskesmas. Universitas Negeri Gorontalo Sanah Nor. (2017). Pelaksanaan fungsi puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 305–314. Sari, S. K. 2019. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Banajrmasin Barat, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Satibi, Daulay E.H, dan Oviani G.A. 2018. Analisis Kinerja Apoteker dan Faktor yang mempengaruhi pada Era Jamnana Kesehatan Nasional di Puskesmas. JMPF Vol. 8 No.1 Sholihah I, Santoso J., 2021. Upaya Peningkatan Pengetahuan tentang Efek Samping Obat pada Warga Desa Wisma dalam Upaya Penerapan Farmakovigilans Suryaden. 2022. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016. Tumbelaka N, Lolo A.W, Kojong N., 2017. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai Instalasi Farmasi RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado Ulandari, Sripina., Sunarsih Yudawati. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Terhadap Kepuasan pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol.7, no 2 Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta ASHP. 2013. ASHP Guidelines: Minimum Standard for Pharmacies in Hospitals. In Practice Settings: Guidliness, 519-528. America: ASHP Darmawan, D. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2019. In Journal of Chemical Information and Modeling [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2006. Pedoman Pelayanan Informasi Obat di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI. [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2009. Pedoman pemantauan terapi obat. Jakarta : Depkes RI [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2007. Pedoman Konseling. Jakarta : Depkes RI Dewi, I. G. A. K., Phartasutema, I. A. M., & Putri, D. W. B. (2020). Gambaran Dan Kajian Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Denpasar Berdasarkan Permenkes Nomor 74 Tahun 2016 Pelayanan Kefarmasian adalah. Bali International Scientific Forum, 1(1), 48–56 Dianita, P. S., Kusuma, T. M., & Septianingrum, N. M. A. N. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Magelang Berdasarkan Permenkes RI No.74 tahun 2016. University Research Colloquium (URECOL), 74, 125–134. Fauzi, m. 2021. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Klinik Berdasarkan Permenkes No. 74 tahun 2016 di Puskesmas Wiayah Banjarmasin Tengah, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Hailu, B.Y., Berhe, D.F., Gudina, E.K., gidey, K., getachew, M., 2020. Drug Related Problems in Admitted Geriatric Patients: the impact of clinical pharmacist interventions. Kemenkes RI. (2019). Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [Kemenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74. 2016. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas [Kemenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 79. 2014. Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri Di Rumah Sakit Latief, A. 2016. Pelayanan emergensi, rawat intermediet dan rawat intensif anak. Jakarta: IDAI Normansya, A., 2015, Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Banjarmasin Timur, Karya Tulis Ilmiah, Banjarmasin, Akademi Farmasi ISFI. Mashuda, Ali. 2011. Pedoman Cara Pelayanan Kefarmasian yang Baik (CPFB). Jakarta: Departemen Kesehatan Pengemanan, C., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2021). Kesesuaian penerapan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas kota tomohon. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879) Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia Ramadani, A., ET AL 2020. "Ilmu Komunikasi Konseling Obat" Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap Rochman, A. F. 2020. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kota Batu berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim) Rusdianah, N. Hiola, F. 2022. Gambaran Penerapan Pelayanan Farmasi Klinik di Puskesmas. Universitas Negeri Gorontalo Sanah Nor. (2017). Pelaksanaan fungsi puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 305–314. Sari, S. K. 2019. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Banajrmasin Barat, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Satibi, Daulay E.H, dan Oviani G.A. 2018. Analisis Kinerja Apoteker dan Faktor yang mempengaruhi pada Era Jamnana Kesehatan Nasional di Puskesmas. JMPF Vol. 8 No.1 Sholihah I, Santoso J., 2021. Upaya Peningkatan Pengetahuan tentang Efek Samping Obat pada Warga Desa Wisma dalam Upaya Penerapan Farmakovigilans Suryaden. 2022. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016. Tumbelaka N, Lolo A.W, Kojong N., 2017. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai Instalasi Farmasi RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado Ulandari, Sripina., Sunarsih Yudawati. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Terhadap Kepuasan pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol.7, no 2 Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta ASHP. 2013. ASHP Guidelines: Minimum Standard for Pharmacies in Hospitals. In Practice Settings: Guidliness, 519-528. America: ASHP Darmawan, D. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2019. In Journal of Chemical Information and Modeling [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2006. Pedoman Pelayanan Informasi Obat di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI. [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2009. Pedoman pemantauan terapi obat. Jakarta : Depkes RI [Depkes] Dirjen Pelayanan Farmasi dan Alat Kesehatan. 2007. Pedoman Konseling. Jakarta : Depkes RI Dewi, I. G. A. K., Phartasutema, I. A. M., & Putri, D. W. B. (2020). Gambaran Dan Kajian Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Denpasar Berdasarkan Permenkes Nomor 74 Tahun 2016 Pelayanan Kefarmasian adalah. Bali International Scientific Forum, 1(1), 48–56 Dianita, P. S., Kusuma, T. M., & Septianingrum, N. M. A. N. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Magelang Berdasarkan Permenkes RI No.74 tahun 2016. University Research Colloquium (URECOL), 74, 125–134. Fauzi, m. 2021. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Klinik Berdasarkan Permenkes No. 74 tahun 2016 di Puskesmas Wiayah Banjarmasin Tengah, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Hailu, B.Y., Berhe, D.F., Gudina, E.K., gidey, K., getachew, M., 2020. Drug Related Problems in Admitted Geriatric Patients: the impact of clinical pharmacist interventions. Kemenkes RI. (2019). Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [Kemenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74. 2016. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas [Kemenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 79. 2014. Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri Di Rumah Sakit Latief, A. 2016. Pelayanan emergensi, rawat intermediet dan rawat intensif anak. Jakarta: IDAI Normansya, A., 2015, Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Banjarmasin Timur, Karya Tulis Ilmiah, Banjarmasin, Akademi Farmasi ISFI. Mashuda, Ali. 2011. Pedoman Cara Pelayanan Kefarmasian yang Baik (CPFB). Jakarta: Departemen Kesehatan Pengemanan, C., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2021). Kesesuaian penerapan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas kota tomohon. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879) Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia Ramadani, A., ET AL 2020. "Ilmu Komunikasi Konseling Obat" Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap Rochman, A. F. 2020. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kota Batu berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim) Rusdianah, N. Hiola, F. 2022. Gambaran Penerapan Pelayanan Farmasi Klinik di Puskesmas. Universitas Negeri Gorontalo Sanah Nor. (2017). Pelaksanaan fungsi puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 305–314. Sari, S. K. 2019. Evaluasi Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Banajrmasin Barat, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Satibi, Daulay E.H, dan Oviani G.A. 2018. Analisis Kinerja Apoteker dan Faktor yang mempengaruhi pada Era Jamnana Kesehatan Nasional di Puskesmas. JMPF Vol. 8 No.1 Sholihah I, Santoso J., 2021. Upaya Peningkatan Pengetahuan tentang Efek Samping Obat pada Warga Desa Wisma dalam Upaya Penerapan Farmakovigilans Suryaden. 2022. Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Berdasarkan Permenkes No 74 tahun 2016. Tumbelaka N, Lolo A.W, Kojong N., 2017. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai Instalasi Farmasi RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado Ulandari, Sripina., Sunarsih Yudawati. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Terhadap Kepuasan pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol.7, no 2
URI: https://repo.stikes-isfi.ac.id/xmlui/handle/123456789/155


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya