TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR

Publikasi Unusia

TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN DI APOTEK ZAFRAN MEDIKA GAMBUT KAB BANJAR
Penulis: AYU MAGFIRAH MAULANI
Abstrak: Mutu pelayanan kefarmasian dapat dijadikan suatu tolak ukur terhadap kepuasan pasien. Kepuasan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya oleh karena itu kepuasan pasien erat hubungannya dengan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh petugas di Apotek Zafran Medika Gambut Kab Banjar. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian non eksperimental dengan rancangan yang dilakukan yaitu cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara prospektif menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan resep dokter BPJS maupun Non BPJS yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah subjek yang diambil sebanyak 298 responden dengan waktu penelitian FebuariApril 2023 Pengolahan data dilakukan dengan cara memasukkan data ke dalam microsoft excel lalu dibuat tabel untuk menggambarkan persentase kepuasan tiap dimensi kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien dengan jumlah responden sebanyak 298 pasien menggunakan 5 indikator kepuasan pelayanan, didapatkan hasil bahwa pasien merasa sudah sangat puas dengan ratarata persentase jawaban sebesar 86,98% terhadap pelayanan kefarmasian dengan hasil masing-masing dimensi bukti fisik 84,34% (sangat puas), dimensi kehandalan 86,93% (sangat puas), dimensi ketanggapan 88,02% (sangat puas), dimensi jaminan 87,06% (sangat puas), dimensi empati 88,55% (sangat puas).
Deskripsi: Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Pasien, Apotek, Resep Referensi : A, Parasuraman. 2001, The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing. Vol 60. A. H. Maslow 1943, A Theory of Human Motivation. Originally Published in Psychological Review, 50, 370-396 https://psychclassics.yorku.ca/ Maslow/motivation.htm Aaker, D. A. 2013, Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta Selatan: Salemba Empat Akbar, D. O.; Mardiati, N.; Muslimah, S.; dan Husni, R. 2018, Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Karang Intan 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Borneo Journal of Pharmascientech. Volume 02, No. 02 Anief, M, 2000, Farmasetika, 2000, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta Aulia, dkk, 2014, Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (eJournal),Volume 2, Nomor 1, Januari 2014 Badan Pusat Statistik, 2022, Kecamatan Gambut Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar (Statistics of Banjar Regency) Baroroh, F. 2014, Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotk Kota Yogyakarta. Pharmaciana.4: 135-141 Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., 2003, Service Marketing (3rd ed.), Tata McGraw Hill, New Delhi. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Departemen Kesehatan Republik Indonesia; Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004, tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Jakarta Depkes RI., 2009, Klasifikasi umur menurut kategori. Jakarta: Ditjen Yankes Depkes RI, 2017, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dianita, P. S. dan Latifah, E. 2017, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis. Volume 3, No. 2. Dysyandi, W.; Sumaryono, W.; Widyastuti, S.; dan Lesmana, H. 2019, Bauran Pemasaran Tentang Konsep Apotek Modern Serta Strategi Pemasarannya. Jurnal Riset Bisnis. Volume 3, No. 1. Juliawati, M. dkk 2019, „Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat diInstalasi FarmasiRumah Sakit Robert Wolter Mongosidi Manado. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2018, Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks. Mahliyani, Helda, 2020, Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Gambut. Laporan Tugas Akhir : Universitas MuhammadiyahBanjarmasin Meila, O., Pontoan, J., dan Zizwanto, E. 2020, Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Pada Kefarmasian di Apotek Klinik SATKES PUSDOKKES MABES POLRI. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Sciences. Volume 1, No. 2 Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2016, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, Jakarta. Mutiara, Maria, 2018, Asuhan Kebidanan Pada Ny. L Masa Hamil Sampai Dengan Masa Nifas dan Keluarga Berencana di PMB Wipa Medan Helvetia Tahun 2018. Laporan Tugas Akhir : Poltekkes Kemenkes RI Medan Notoatmodjo, S, 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, Soekidjo, 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Novaryatiin, S.; Ardhany, S. D; dan Aliyah, S, 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Jurnal of Pharmacy. Volume 1, No. 1. Nursalam, 2011, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Jakarta Selatan: Salemba Medika. Primadi, A. P, 2017, „Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma 111 Banjarbaru. Putri, D.R, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan, Kepercayaan & Loyalitas Konsumen Apotek. Indonesian journal for health. Vol.1. No.1. Rizal,Achmad. Elvi Juliansyah, 2018, Faktor Pekerjaan Dan Jarak Tempat Tinggal Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kota Banjarmasin. 4(2):138-14 Safitri, Dini Anggi, 2022, Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny. S Di Praktik Mandiri Bidan Lianaria Boru Sagala Amd.Keb., SKM. Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Diploma Thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun Sari, F. M. dan Suprianto, 2017, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Global Medan. Jurnal Dunia Farmasi. Volume 1, No.3 Satrianegara, M. Fais, 2014, Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Teori danAplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta : Salemba Medika Sinaga, Leswana, 2022, „ Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek X. Sujono, R. dan Sabiti, F. B, 2020, Pandangan Konsumen Ibu PKK di Semarang Terhadap Kehadiran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia. Edisi Khusus (Rakerda-Seminar IAI Jateng) Suryanti, 2014, Analisis Pengaruh KualitasPelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Gesi Kecamatan Gesi kabupaten Sragen,Tesis FKM UNDIP, Semarang. Sutrisna, Putri M.G, Cahyadi D.K., 2016, Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Kimia Farma 286 Padang Asri Sutrisna, Putri M.G, Cahyadi D.K., 2016, Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Kimia Farma 286 Padang Asri Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta. WHO (World Health Organization) 2016, Tentang Populasi Lansia Wulandari, AA., dkk, 2015, Faktor Risiko dan Potensi Penularan Tuberkulosis di Kabupaten KendalJawa Tengah. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia 14 (1). April 2015 Yuniar, Y., & Handayani, R. S, 2016, Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia. Zeithaml, Parasuraman, & Berry, 1998, Problems and Strategies in Services Marketing. Jurnal of Marketing Vol. 49, (Spring) A, Parasuraman. 2001, The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing. Vol 60. A. H. Maslow 1943, A Theory of Human Motivation. Originally Published in Psychological Review, 50, 370-396 https://psychclassics.yorku.ca/ Maslow/motivation.htm Aaker, D. A. 2013, Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta Selatan: Salemba Empat Akbar, D. O.; Mardiati, N.; Muslimah, S.; dan Husni, R. 2018, Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Karang Intan 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Borneo Journal of Pharmascientech. Volume 02, No. 02 Anief, M, 2000, Farmasetika, 2000, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta Aulia, dkk, 2014, Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (eJournal),Volume 2, Nomor 1, Januari 2014 Badan Pusat Statistik, 2022, Kecamatan Gambut Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar (Statistics of Banjar Regency) Baroroh, F. 2014, Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotk Kota Yogyakarta. Pharmaciana.4: 135-141 Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., 2003, Service Marketing (3rd ed.), Tata McGraw Hill, New Delhi. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Departemen Kesehatan Republik Indonesia; Jakarta. Departemen Kesehatan RI, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004, tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Jakarta Depkes RI., 2009, Klasifikasi umur menurut kategori. Jakarta: Ditjen Yankes Depkes RI, 2017, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dianita, P. S. dan Latifah, E. 2017, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis. Volume 3, No. 2. Dysyandi, W.; Sumaryono, W.; Widyastuti, S.; dan Lesmana, H. 2019, Bauran Pemasaran Tentang Konsep Apotek Modern Serta Strategi Pemasarannya. Jurnal Riset Bisnis. Volume 3, No. 1. Juliawati, M. dkk 2019, „Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat diInstalasi FarmasiRumah Sakit Robert Wolter Mongosidi Manado. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2018, Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks. Mahliyani, Helda, 2020, Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Gambut. Laporan Tugas Akhir : Universitas MuhammadiyahBanjarmasin Meila, O., Pontoan, J., dan Zizwanto, E. 2020, Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Pada Kefarmasian di Apotek Klinik SATKES PUSDOKKES MABES POLRI. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Sciences. Volume 1, No. 2 Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2016, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, Jakarta. Mutiara, Maria, 2018, Asuhan Kebidanan Pada Ny. L Masa Hamil Sampai Dengan Masa Nifas dan Keluarga Berencana di PMB Wipa Medan Helvetia Tahun 2018. Laporan Tugas Akhir : Poltekkes Kemenkes RI Medan Notoatmodjo, S, 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, Soekidjo, 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Novaryatiin, S.; Ardhany, S. D; dan Aliyah, S, 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Jurnal of Pharmacy. Volume 1, No. 1. Nursalam, 2011, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Jakarta Selatan: Salemba Medika. Primadi, A. P, 2017, „Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma 111 Banjarbaru. Putri, D.R, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan, Kepercayaan & Loyalitas Konsumen Apotek. Indonesian journal for health. Vol.1. No.1. Rizal,Achmad. Elvi Juliansyah, 2018, Faktor Pekerjaan Dan Jarak Tempat Tinggal Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kota Banjarmasin. 4(2):138-14 Safitri, Dini Anggi, 2022, Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny. S Di Praktik Mandiri Bidan Lianaria Boru Sagala Amd.Keb., SKM. Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Diploma Thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun Sari, F. M. dan Suprianto, 2017, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Global Medan. Jurnal Dunia Farmasi. Volume 1, No.3 Satrianegara, M. Fais, 2014, Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Teori danAplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta : Salemba Medika Sinaga, Leswana, 2022, „ Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek X. Sujono, R. dan Sabiti, F. B, 2020, Pandangan Konsumen Ibu PKK di Semarang Terhadap Kehadiran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia. Edisi Khusus (Rakerda-Seminar IAI Jateng) Suryanti, 2014, Analisis Pengaruh KualitasPelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Gesi Kecamatan Gesi kabupaten Sragen,Tesis FKM UNDIP, Semarang. Sutrisna, Putri M.G, Cahyadi D.K., 2016, Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Kimia Farma 286 Padang Asri Sutrisna, Putri M.G, Cahyadi D.K., 2016, Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Kimia Farma 286 Padang Asri Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta. WHO (World Health Organization) 2016, Tentang Populasi Lansia Wulandari, AA., dkk, 2015, Faktor Risiko dan Potensi Penularan Tuberkulosis di Kabupaten KendalJawa Tengah. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia 14 (1). April 2015 Yuniar, Y., & Handayani, R. S, 2016, Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia. Zeithaml, Parasuraman, & Berry, 1998, Problems and Strategies in Services Marketing. Jurnal of Marketing Vol. 49, (Spring)
URI: https://repo.stikes-isfi.ac.id/xmlui/handle/123456789/148


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya